Tips Menjaga Charger Handphone agar Tidak Mudah Rusak

Charger Handphone merupakan bagian penting yang dibutuhkan agar bisa menggunakan handphone. Meskipun terlihat sepele, jika Anda terus-terusan melakukan pembelian charger juga dapat menguras kantong. Jadi, penting untuk mengetahui tips menjaga charger handphone agar tidak mudah rusak dan tetap dalam keadaan yang baru.

Posisi Charger
Saat menggunakan charger posisikanlah dengan tepat dan aman. Posisinya di mana colokan atau stopkontak yang digunakan untuk charger tidak goyang atau pun longgar. Pastikan charger terpasang dengan tepat selama pengisian baterai. Selain itu, posisikan handphone tidak membuat charger menjadi tertarik yang dapat membuatnya menjadi rusak.

Pantau Pengisian
Tidak hanya handphone yang dapat menjadi rusak jika dilakukan charger terlalu lama, charger juga dapat menjadi rusak. Jadi, penting untuk Anda melakukan pemantauan selama pengisian. Melihat estimasi waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai merupakan solusi yang tepat.
Segera cabut charger setelah pengisian baterai penuh atau dirasa cukup. Jangan biarkan charger tetap tercolok di colokan atau stopkontak. Kebiasaan sepele ini dapat membuat charger Anda berisiko lebih cepat mengalami kerusakan.

Penyimpanan Aman
Jika tidak digunakan untuk charger handphone simpanlah dengan aman. Caranya dengan menggulung kabel charger dengan hati-hati dan rapi. Menggulung yang benar tidak dengan menggulung kabel ke bagian kepala charger, tetapi menggulung kabelnya saja. Setelah digulung ikatlah dengan karet agar tidak berserakan. Ikat alakadarnya saja jangan diikat kuat.

Letakkan charger di tempat yang rendah agar tidak berisiko terjatuh. Jika Anda tidak ingin menggulungnya, lakukan penyimpanan dengan menggantungnya di tempat yang aman. Tidak mencampurnya dengan gantungan benda apa pun. 

Jika Anda akan membawa charger saat bepergian cara penyimpanan di dalam tas dengan melepaskan bagian kabelnya dan bagian kepala. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menyimpan di dalam tas dan jauh dari risiko kerusakan. Anda bisa meletakkannya di bagian saku tas dengan aman.

Tidak Menggunakan Handphone
Selama melakukan charger jangan menggunakan handphone, selain pengisian menjadi lambat. Kebiasaan ini juga dapat membuat charger menjadi cepat rusak. Bagian colokan ke handphone akan cepat mengalami lost yang membuatnya tidak dapat digunakan lagi atau menjadi goyang. Jadi, biarkanlah handphone Anda dalam kondisi yang terletak agar pengisian berjalan lancar.

Tidak Digunakan Bersama
Charger merupakan alat yang sensitif. Jika digunakan bersama-sama risiko kerusakan dapat terjadi lebih cepat. Terkhusus pada bagian colokan yang digunakan ke handphone. Pada bagian ini jika charger sering digunakan bersama, maka lebih cepat menjadi lost. Sebisa mungkin hindari penggunaan charger secara bersama agar bisa tahan lama.

Bersihkan Charger
Tips ini jarang sekali diterapkan karena mengira tidak penting. Membersihkan bagian charger ini tentu saja untuk membuatnya tetap terlihat baru dan tidak tampak kusam. Terkhusus untuk Anda yang menggunakan charger dengan bagian kabel berwarna putih.

Bersihkanlah dengan menggunakan alkohol seperti pembersih kutex atau bisa dengan menggunakan minyak kayu putih. Caranya mudah, cukup dengan menuangkan ke bagian kapas lalu gosok sesuai kebutuhan. Bersihkan juga bagian kepala charger yang dicolokkan ke colokan atau stopkontak. Anda bisa melakukan ini sesuai dengan kondisi charger.

Anda sebaiknya menggunakan charger handphone yang sesuai dengan produk handphone-nya. Jika original tidak didapatkan lagi, bisa dengan menggunakan charger yang arus dan dayanya sesuai agar tidak membuat handphone menjadi rusak. Pembelian charger yang dibutuhkan dengan kualitas terjamin bisa Anda lakukan secara online di jakmall.com.