Agar Disayang Suami, Begini 5 Cara Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi

Bagi wanita yang sudah berumahtangga, menjaga kebersihan organ reproduksi sangatlah penting.  Selain dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah-masalah yang berkaitan dengan organ reproduksi, namun juga agar suami Anda makin sayang pada Anda. Nah, untuk itu Anda bisa melakukan 5 cara ini untuk menjaga kebersihan organ reproduksi.

Cara Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi
Menjaga kebersihan organ reproduksi sangat penting untuk dilakukan karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk menjaga kesehatan organ reproduksi seperti rahim dan vagina. Berikut cara-cara menjaga kebersihan organ reproduksi yang dapat Anda lakukan.

1. Mengusap dari Depan ke Belakang
Ketika Anda akan mengeringkan organ intim dengan tisu setelah dibilas, ada baiknya Anda mengusap dari arah depan ke belakang. Dengan begitu, bakteri berbahaya dari anus tidak akan terpapar ke bagian vagina.

2. Jangan Menyemprotkan Air Selang Langsung ke Bagian Vagina
Ketika Anda sedang akan membilas bagian organ intim Anda, ada baiknya jangan langsung mengarahkan selang atau air ke arah vagina. Arahkan ke bagian depan vagina supaya air turun ke bawah, jadi bakteri tidak mudah masuk ke bagian organ intim Anda.

3. Jangan Gunakan Sabun Biasa
Jika Anda ingin membersihkan organ intim dengan sabun, ada baiknya Anda jangan menggunakan sabun biasa. Sabun biasa didesain untuk mencocokkan pH kulit yakni 5,5 sementara itu pH pada organ intim wanita adalah 3,5 hingga 4,5 di mana pH ini bakteri baik masih bisa hidup. Sehingga, bakteri yang ada pada organ intim Anda bisa seimbang.

Pada dasarnya, organ intim wanita tidak perlu dibersihkan dengan sabun. Anda cukup membilasnya dengan air hangat. Namun, jika Anda merasa hanya menggunakan air masih kurang bersih, maka Anda bisa menggunakan sabun khusus kewanitaan dengan pH yang sesuai. Pakai dengan jumlah yang sedikit saja.

4. Ganti Pembalut Setiap 3 sampai 4 Jam Sekali
Bagi Anda yang sedang menstruasi, jangan malas untuk sering-sering mengganti pembalut. Hal itu disebabkan darah ketika menstruasi yang dibiarkan mengandung banyak sekali bakteri, jadi bisa membahayakan organ intim Anda. jadi, jangan malasn untuk mengganti pembalut dalam jangka waktu 3-4 jam.

5. Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun
Sebagai wanita, Anda tentu mengenal berbagai jenis bahan celana dalam. Ada baiknya Anda memakai celana dalam dari katun agar lebih nyaman. Selain itu, bahan katun juga bisa menyerap keringat pada organ intim Anda dan dapat memberikan kenyamanan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi
Menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting, terutama bagi Anda yang sudah atau akan berumahtangga. Jika Anda mengalami permasalahan seperti permasalahan pendarahan nonmenstrual seperti berdarah saat berhubungan intim, atau permasalahan lainnya, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter terdekat Anda.

Nah, itu dia ulasan mengenai 5 cara menjaga kebersihan organ reproduksi, khususnya bagi Anda kaum perempuan. Selain menjaga kebersihan organ reproduksi, menjaga kesehatan organ reproduksi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan, asam lemak omega 3, dan juga kaya akan vitamin D.